Manfaat Puasa dari Sisi Kesehatan



Marhaban Ya Ramadhan. Beberapa hari lagi kita akan memasuki  bulan suci Ramadhan 1435 H.  Seluruh umat muslim di penjuru dunia akan melaksanakan ibadah puasa.  Puasa (shaum) menurut syariat islam artinya menahan diri dari makan dan minum serta  berbagai hal yang dapat membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hingga tenggelam matahari, dengan syarat tertentu dan berpedoman  pada Al-Qur’an  dan Hadist guna meningkatkan ketaqwaan.
Banyak manfaat yang akan kita peroleh dari berpuasa. Puasa yang baik dan sesuai dengan ketentuan syariat merupakan salah satu amal yang  dapat mendatangkan  keridhoan Allah Swt. Rasulullah bersabda, “Barang siapa yang berpuasa Ramadhan dengan keimanan dan mengharap ridha Allah, akan diampuni dosa-dosanya yang terdahulu” (HR. Muttafaqun’Alaih).  Selain bernilai ibadah, puasa juga mendatangkan manfaat  yang tidak sedikit bagi kesehatan tubuh kita. Allah berjanji akan memberikan berkah kepada orang yang berpuasa. Seperti ditegaskan sabda Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Ibnu Suny dan Abu Nu'aim: "Berpuasalah maka kamu akan sehat." Dengan berpuasa, akan diperoleh manfaat secara biopsikososial berupa sehat jasmani, rohani dan sosial. Manfaat-manfaat dari puasa telah dibuktikan oleh penelitian para ilmuwan. Berbagai penelitian telah mengungkap adanya mukjizat puasa ditinjau dari perpekstif medis modern.
Berikut  manfaat berpuasa bagi kesehatan
1.    Puasa dapat meningkatkan kekebalan tubuh atau imun system terhadap berbagai penyakit

Orang yang rutin berpuasa, lebih kuat pertahanan tubuhnya dan tidak mudah terkena infeksi. Penelitian menunjukkan saat puasa terjadi peningkatan limfosit hingga sepuluh kali lipat. Kendati keseluruhan sel darah putih tidak berubah ternyata sel T(Timus) mengalami kenaikkan pesat. Perubahan aksidental lipoprotein yang berkepadatan rendah (LDL), tanpa diikuti penambahan HDL. LDL merupakan model lipoprotein yang memberikan pengaruh stimulatif bagi respon imunitas tubuh.

2.    Membersihkan tubuh dari racun

Pada saat berpuasa, lemak-lemak yang disimpan dalam tubuh dalam jumlah besar dipindahkan ke hati sehingga dioksidasi dan dimanfaatkan oleh hati. Dari proses ini dikeluarkan racun-racun yang meleleh di dalamnya, kandungan racunnya dimusnahkan, kemudian dibersihkan bersama kotoran-kotoran tubuh.
3.    Bermanfaat bagi kesehatan jantung

Berkurangnya kandungan cairan tubuh saat kita berpuasa dapat menurunkan heart rate atau kerja jantung, pencegahan terhadap penggumpalan darah yang merupakan penyebab serius panyakit jantung.(Jalal, Riyad,1990).

4.    Puasa dapat memberikan ketenangan dan kesehatan jiwa
Hormon Cortisol (hormon stress) dan hormon Adrenalin akan dapat meningkat 20x lipat di saat kita sedang marah. Saat berpuasa, perasaan kita tidak dipenuhi rasa marah, sehingga hormon-hormon ini akan rendah dan jiwa akan terasa tenang. Orang yang berpuasa akan mampu mengendalikan jiwa dan dirinya. Ia akan merasakan kedamaian dan ketenangan hidup di dunia
Doktor Nicolayev, seorang guru besar yang bekerja pada lembaga psikiatri Moskow mencoba menyembuhkan gangguan jiwa dengan berpuasa. Dalam usahanya itu ia melakukan terapi terhadap pasiennya dengan menggunakan 30 hari puasa (persis puasanya orangislam). Nicolayev mengadakan penelitian ekperiment dengan membagi subyek menjadi dua kelompok yang sama besar, baik usia maupun berat ringannya gangguan. Kelompok pertama diberi terapi atau pengobatan dengan menggunakan obat-obatan medis. Sementara kelompok ke II diperintahkan untuk berpuasa selama 30 hari. Dua kelompok tadi diikuti perkembangan fisik dan mentalnya dengan tes-tes psikologi. Dari ekperimen ini diperoleh hasil yang sangat baik, yaitu banyak pasien-pasien yang tidak bisa disembuhkan dengan terapi medik ternyata bisa sembuh dengan berpuasa.
5.    Berpuasa bisa bikin awet muda
Direktur bagian diet pada Rumah Sakit Jiwa Moskow, Dr.Yuri Nikolayev, menilai kemampuan untuk berpuasa yang mengakibatkan orang yang bersangkutan menjadi awet muda, sebagai suatu penemuan (ilmu) terbesar abad ini. Beliau mengatakan: what do you think is the most important . discovery in our time? The radioactive watches? Exocet bombs? In my opinion the bigest discovery of our time is the ability to make onself younger phisically, mentally and spiritually through rational fasting. (Menurut pendapat Anda, apakah penemuan terpenting pada abad ini? Jam radioaktif? Bom exoset? Menurut pendapat saya, penemuan terbesar dalam abad ini ialah kemampuan seseorang membuat dirinya tetap awet muda secara fisik, mental, dan spiritual, melalui puasa yang rasional).
6.    Memperindah dan mempercantik wanita secara alami

Menurut  Alvenia M. Fulton, Direktur Lembaga Makanan Sehat “Fultonia” di Amerika Serikat menyatakan bahwa puasa adalah cara terbaik untuk memperindah dan mempercantik wanita secara alami. Puasa menghasilkan kelembutan pesona dan daya pikat. Puasa menormalkan fungsi-fungsi kewanitaan dan membentuk kembali keindahan tubuh (fasting is the ladies best beautifier, it brings grace charm and poice, it normalizes female functions and reshapes the body contour).

7.    Menurunkan tekanan darah

Puasa bisa menurunkan kadar gula darah, kolesterol dan mengendalikan tekanan darah. Itulah sebabnya, puasa sangat dianjurkan bagi perawatan mereka yang menderita penyakit diabetes, kolesterol tinggi, kegemukan dan darah tinggi. Dalam kondisi tertentu, seorang pasien bahkan dibolehkan berpuasa, kecuali mereka yang menderita sakit diabetes yang sudah parah, jantung koroner dan batu ginjal.
 
Selain beberapa manfaat di atas, masih banyak lagi manfaat lainnya, antara lain :
*      Menurunkan berat badan
*      Memperbaiki fungsi dan kerja sel, memperbaiki kerja sistem pencernaan
*      Bermanfaat dalam pembentukan sperma
*      Memperbaiki hormon testoteron dan performa seksual
*      Lebih mampu mengendalikan seks
*      Menajamkan fungsi indrawi
*   Membuat badan sehat secara sendirinya

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Perpindahan Panas (Kalor) Dalam Kehidupan Sehari-hari

Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran