Cara Membuat Kartu Identitas PTK


Janganlah memandang suatu pekerjaan itu sulit, sebelum kita mencobanya. Saya rasa itulah kalimat yang tepat diungkapkan setelah berhasil melalui alur pembuatan Kartu Identitas PTK secara mandiri. Berawal dari rasa penasaran tentang kegiatan PTK di web padamu negeri, terutama tentang cara penerbitan Kartu digital Identitas PTK dan juga atas saran seorang teman, akhirnya saya mencoba memberanikan diri membuatnya tanpa memakai jasa OP Sekolah. Tentu saja dengan panduan ilmu internet dan arahan teman sejawat. 

Setelah melalui rangkaian yang cukup panjang dan melelahkan:(. Akhirnya Kartu Identitas PTK saya berhasil juga dicetak:), dan sekarang tibalah saatnya saya ingin berbagi ilmu kepada sahabat semua terutama rekan guru tentang cara mencetak Kartu Identitas PTK.

Tentunya para sahabat tahu bahwa kartu Identitas PTK seyogyanya dibuat oleh individu yang bersangkutan, artinya ini bukanlah tanggung jawab dari admin/ operator sekolah. Namun sah-sah saja jika kita memakai jasa mereka. Akan tetapi jika kita terus mengandalkan admin sekolah, maka selamanya kita tidak akan bisa mandiri (benar bukan:).
Kartu identitas PTK ini berlaku untuk satu Semester. Jadi alangkah baiknya yang bersangkutan belajar bagaimana cara membuat Kartu tersebut, sehingga nantinya bisa mengerjakan secara mandiri pada semester-semester berikutnya ^_^

Sebelum kita membuka situs Padamu Negeri, ada beberapa persiapan yang mesti dilakukan, yaitu mempersiapkan NUPTK dan Password yang akan digunakan untuk login nanti, serta foto digital berukuran 250x400 pixel. Untuk mengedit foto agar sesuai dan bisa di upload, lihat di sini cara mengedit ukuran foto.

Setelah hal-hal di atas kita persiapkan, ikutilah langkah-langkah di bawah ini :
A.    Buka Url Http://padamu.siap.web.id
B.     Klik Login padamu negeri

C.     Masukkan NUPTK dan password
 
D.    Klik Link Padamu PTK
Seperti gambar di bawah ini
 
E.     Berikutnya, selesaikan tahapan di bawah ini secara sistematis sebelum mencetak Kartu Identitas PTK :
1.      Mengisi Angket EDS (terdiri dari 56 item soal) secara online
2.      Mengisi Survey Kurikulum 2013
3.      Mengupload Foto PTK dan Mengaktifkan data

Hal yang perlu diingat sebelum mengaktifkan data, aktifkan dahulu jam mengajar pada semester ini dengan cara melaporkan SK Pembagian Tugas dan perubahan data (jika ada) kepada pihak Dispora setempat. Ceklah terlebih dahulu data yang pernah dimasukkan sebelumnya. Jika sudah yakin semua data valid, maka silahkan klik aktifkan.

4.      Mencetak kartu Digital PTK
Ini merupakan langkah terakhir. Silahkan klik tulisan CETAK. Jika ingin mencetak nanti, downloadlah terlebih dahulu dan simpan.

Demikianlah Tutorial Cara Mencetak Kartu Identitas PTK. Semoga bermanfaat untuk kita semua^_^

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Perpindahan Panas (Kalor) Dalam Kehidupan Sehari-hari