7 Makanan yang Mengandung Bakteri Menyehatkan


Makanan yang mengandung bakteri dan jamur biasanya identik dengan makanan yang tidak sehat dan dapat menyebabkan penyakit. Akan tetapi, tidak semua bakteri dan jamur merugikan manusia. Ada beberapa bakteri dan jamur pada makanan yang justru menyehatkan tubuh. Bakteri  menguntungkan disebut probiotik.

Probiotik adalah bakteri hidup yang diberikan sebagai suplemen makanan yang bermanfaat bagi kesehatan pada manusia dan binatang, dengan memperbaiki keseimbangan mikroflora intestinal. Mikroflora yang digolongkan sebagai probiotik adalah yang memproduksi asam laktat terutama dari golongan Lactobacilli dan Bifidobacteria. Jenis bakteri yang menyehatkan ini antara lain Bakteri Lactobacillus, Streptococcus, dan Bifidobacterium.
  
Fungsi probiotik bermacam-macam. Ada yang membantu penyerapan nutrisi, ada yang dapat memproduksi vitamin, ada yang membantu melawan pertumbuhan bakteri jahat, ada juga yang berperan dalam ekosistem usus.
Berikut 7 jenis makanan yang mengandung bakteri menyehatkan dan sangat baik  untuk dikonsumsi :

1.       Susu
      Susu memiliki banyak manfaat dan baik untuk kesehatan tubuh kita. Bagi anak-anak, susu dapat membantu pertumbuhan mereka. Sedangkan bagi lansia, susu dapat mencegah terjadinya pengeroposan pada tulang. Susu mengandung protein dan vitamin. Bakteri pada susu berfungsi untuk meningkatkan kandungan gizi, variasi bentuk dan rasa pada susu. 






  2. Tempe    
      Tempe merupakan makanan terpopuler dan disukai banyak kalangan. Bagi kaum vegetarian, tempe bisa dijadikan makanan alternatif sebagai pengganti daging. Makanan berbahan kedelai ini  sangat bergizi dan kaya akan protein, serat pangan, kalsium, vitamin B, dan zat besi. Tempe dibuat dari fermentasi biji kedelai dan Proses fermentasi ini membuat tempe menjadi makanan dengan sumber probiotik, yakni bakteri baik yang dapat membantu menjaga kesehatan usus dan sistem kekebalan tubuh. Jenis jamur yang terdapat pada tempe yaitu rhizopus oryzae, mikroorganisme yang membantu dalam proses pembuatan tempe. Mengkonsumsi tempe secara rutin dapat memberi manfaat positif bagi kesehatan tubuh.

3.    Miso
      Miso adalah makanan yang difermentasikan dan banyak mengandung bakteri yang menyehatkan system pencernaan tubuh. Makanan khas Jepang ini dibuat dari fermentasi kedelai yang dicampur dengan beras dan garam. Miso dijadikan sebagai bumbu masak untuk berbagai jenis makanan. Miso  menjadi salah satu sumber protein, vitamin B, vitamin E, dan isoflavon.

4.    Kecap Asin
       Kecap asin merupakan salah satu bumbu dapur yang sering kita gunakan untuk  meningkatkan cita rasa  makanan. Kecap asin dibuat dari fermentasi kedelai. Mikroorganisme yang berperan dalam pembuatan kecap antara lain jamur Aspergillus oryzae dan bakteri asam laktat. Jamur aspergillus oryzae sangat berperan dalam meningkatkan protein terlarut pada kecap yang dihasilkan, sedangkan bakteri asam laktat berperan dalam pembentukan aroma dan flavor spesifik pada kecap. 

5.    Yoghurt
y      Yoghurt adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Yoghurt dapat dibuat dari susu sapi atau susu kerbau. Ada Yoghurt yang dibuat dari susu kerbau yang difermentasi dalam tabung bambu. Yoghurt tradisional dari Sumatra Barat ini disebut Dadiah atau dadih.Yoghurt kaya akan protein, vitamin B, dan mineral yang penting bagi tubuh.


6.    Kimchi
        Makanan khas Korea ini juga mengandung banyak bakteri yang menyehatkan dan memiliki kandungan asam laktat yang baik untuk kesehatan. Kimchi dibuat melalui fermentasi sayuran dan disajikan dengan rasa yang pedas.


7.     Keju
     Keju merupakan salah satu makanan yang banyak disukai terutama oleh anak-anak. Selain rasanya yang enak dan gurih, keju memiliki kandungan nutrisi yang banyak. Keju mengandung bakteri yang bersifat probiotik dan sangat baik untuk kesehatan. Berbagai manfaat keju bagi tubuh diantaranya menguatkan tulang, mencegah kanker dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, keju juga dapat mencegah terjadinya anemia, karena keju merupakan sumber zat besi. Pada keju mengandung banyak vitamin, lemak, protein, karbohidrat, dan berbagai nutrisi lainnya.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Perpindahan Panas (Kalor) Dalam Kehidupan Sehari-hari