Metode Pembelajaran dan Jenis- Jenisnya


A.   Pengertian Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran adalah cara yang dipergunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsung pembelajaran (Sudjana, 2005:76). 
Metode pembelajaran merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dapat dilakukan oleh guru untuk menghadapi masalah tersebut sehingga pencapaian tujuan pengajaran dapat tercapai dengan baik. Dengan pemanfaatan metode yang efektif dan efisien, guru akan mampu mencapai tujuan pengajaran.
Pembelajaran merupakan kegiatan yang bertujuan.. yang banyak melibatkan aktivitas peserta didik dan guru. Untuk mencapai tujuan mengajar perlu adanya metode mengajar.
Seorang Pendidik harus cermat dalam memilih metode mengajar yang efektif. Ada beberapa factor yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan metode mengajar, yaitu : Faktor tujuan pembelajaran, karakteristik materi pelajaran, peserta didik, alokasi waktu, dan fasilitas penunjang. 


B.   Macam-macam Metode Pembelajaran

1.    Ceramah
Metode Ceramah yaitu Pembelajaran yang disajikan secara lisan oleh guru kepada siswa.
Metode ini lazim digunakan oleh para pendidik dalam mengajar.
 
2.    Diskusi
Metode Diskusi yaitu Metode penyajian bahan pelajaran melalui suatu masalah yang harus diselesaikan atau dipecahkan secara bersama oleh siswa dengan bimbingan guru. Siswa dihadapkan pada suatu masalah atau persoalan yang harus dipecahkan atau dijawab secara bersama dan pada akhirnya membuat suatu keputusan. metode belajar ini baik untuk diterapkan, karena ada interaksi antar siswa, saling tukar pengalaman dan informasi, sehingga dapat menghilangkan kejenuhan dalam belajar, dan siswa menjadi semangat mengikuti pembelajaran.
Diskusi terdiri dari beberapa jenis, yaitu :
  • Diskusi kelas, yaitu proses pemecahan masalah yang dilakukan oleh anggota kelas sebagai peserta diskusi.
  • Diskusi kelompok kecil, yaitu diskusi yang dilakukan dengan membagi siswa dalam kelompok-kelompok yang beranggota 3-5 orang.
  • Simposium, yaitu metode mengajar dengan membahas suatu persoalan dipandang dari berbagai sudut pandang berdasarkan keahlian.
  • Diskusi Panel, yaitu pembahasan suatu masalah yang dilakukan oleh beberapa orang panelis yang biasanya terdiri dari 4 – 5 orang dihadapan audiens
3.    Simulasi
Metode Simulasi yaitu metode penyajian bahan pelajaran melalui objek atau kegiatan pembelajaran yang bukan sebenarnya (situasi tiruan) untuk memahami konsep atau keterampilan tertentu.

Simulasi terdiri dari beberapa jenis, yaitu :
  • Sosiodrama, yaitu metode pembelajaran bermain peran untuk memecahkan masalah-masalah yang berkaitan dengan fenomena sosial;
  • Psikodrama, yaitu metode pembelajaran dengan bermain peran yang bertitik tolak dari permasalahan-permasalahan psikologis;
  • Role playing, yaitu metode pembelajaran bermain peran sebagai bagian dari simulasi yang di arah kan untuk rekreasi peristiwa sejarah, peristiwa aktual, atau kejadian-kejadi an yang mungkin muncul pada masa yang akan datang (Sanjaya, 2006: 18-22).
4.    Demonstrasi

Metode Demonstrasi yaitu metode penyajian pelajaran dengan memperagakan dan mempertunjukkan suatu proses, situasi, atau benda tertentu, baik sebenarnya, maupun tiruan. Metode ini dapat membuat penyajian bahan pelajaran lebih konkret.

5.    Eksperimen

Metode Eksperimen yaitu metode menyajikan bahan pelajaran melalui percobaan serta mengamati suatu proses. Siswa melakukan percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri sesuatu yang dipelajarinya, dan pada akhirnya menarik kesimpulan dari proses yang dialaminya itu.


C.   Hubungan Metode mengajar dengan pembelajaran

Pemilihan metode mengajar harus mempertimbangkan pengembangan kemampuan peserta didik yang lebih kreatif inovatif, dan dikondisikan pada pembelajaran yang bersifat problematis. Pembelajaran yang memungkinkan siswa belajar secara mandiri dan kelompok. Metode mengajar memiliki fungsi sentral dalam pembelajaran diantaranya sebagai alat atau cara untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran harus dikembangkan berdasarkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Setiap pemilihan metode mengajar harus didasarkan pada kajian antara perilaku yang diharapkan dengan cara yang akan ditempuh dalam pembelajaran.

D.   Hubungan Metode Mengajar dengan Pengalaman Belajar

Pengalaman Belajar (learning experience), merupakan suatu proses atau hasil kegiatan belajar yang dilakukan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Penggunaan metode ceramah dalam mengajar akan membentuk pengalaman mengajar dalam kemampuan menyimak, dan pemahaman terhadap informasi dari materi pelajaran yang disajikan.

Penggunaan metode diskusi dalam mengajar akan membentuk pengalaman belajar siswa dalam menjawab persoalan, belajar bekerjasama, dan membuat suatu keputusan.

Penggunaan metode simulasi dalam mengajar akan membentuk pengalaman belajar yang meliputi kemampuan bekerjasama, komunikatif, dan menginterpretasikan suatu kejadian.

Penggunaan metode demonstrasi dalam mengajar akan membentuk pengalaman belajar yang meliputi kemampuan bekerja dan berpikir secara sistematis, dan mengamati objek yang sebenarnya.

Sedangkan penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran akan membentuk pengalaman belajar yang meliputi menguji sesuatu, menguji hipotesa, menemukan hasil percobaan, dan mengembangkan rasa ingin tahu siswa.

E.   Faktor-faktor yang mempengaruhi pencapaian tujuan belajar

1.    Kondisi Internal Siswa

Kondisi Internal siswa yaitu kondisi-kondisi yang berasal dari dalam diri siswa, diantaranya :
a.    Sikap siswa terhadap proses belajar yang dilakukannya
b.    Motivasi belajar, terutama motivasi intrinsic
c.    Konsentrasi selama melakukan kegiatan belajar
d.    Tingkat inteligensi yang dimiliki siswa
e.    Rasa percaya diri untuk belajar

2.    Kondisi Eksternal Siswa

Kondisi Eksternal adalah kondisi yang berasal dari luar diri siswa, diantaranya :
a.    Kualitas guru dalam melaksanakan pembelajaran
b.    Sarana dan prasarana pembelajaran
c.    Lingkungan social siswa di sekolah.












=========================================
Djamarah,Syaiful Bahri.2002.Strategi Belajar Mengajar.Jakarta:Rineka Cipta.
Sanjaya, Wina 2007.Stategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Bandung:Kencana
Sudjana, Nana. 1989. Cara Belajar Siswa Aktif-Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung:Sinar Baru.




Comments

Popular posts from this blog

Contoh Perpindahan Panas (Kalor) Dalam Kehidupan Sehari-hari