Karakteristik Perkembangan Bahasa Anak Usia SD



Bahasa merupakan alat untuk berkomunikasi dengan orang lain. Untuk anak usia SD inti berkomunikasi adalah bahwa ia mampu mengerti apa yang dikatakan orang lain. Seiring meluasnya cakrawala sosial anak-anak, anak mulai memahami bahwa berbahasa merupakan sarana penting untuk memperoleh tempat di dalam kelompok. 

Anak usia SD atau masa akhir kanak-kanak seringkali disebut usia bermain. Hal ini disebabkan luasnya minat dan kegiatan bermain dan bukan karena banyaknya waktu untuk bermain. Agar dapat diterima dalam kelompok bermain, anak-anak akan berusaha memperbaiki kemampuan ucapan atau bahasanya.

Pada dasarnya, anak-anak usia SD telah menguasai struktur bahasa secara sempurna. Anak usia 6 tahun harus sudah menguasai hampir semua jenis struktur kalimat. Usia 6 sampai 9 atau 10 tahun, panjang kalimat akan bertambah. Kalimat panjang biasanya tidak teratur dan terpotong-potong. Setelah usia 9 tahun, anak mulai menggunakan kalimat yang singkat dan lebih padat.

Sebagai suatu alat komunikasi, bahasa memiliki seperangkat system yang saling mempengaruhi, yaitu fonologi, morfologi, sistaksis, semantic, dan pragmantik. Berikut penjelasanya :

1.    Fonologi

Fonologi merupakan salah satu bagian dari tata bahasa yang mempelajari bunyi-bunyi bahasa pada umumnya. Fonem yaitu unsur terkecil dari bunyi ucapan yang bisa digunakan untuk membedakan arti dari satu kata. Contohnya kata ular dan ulas memiliki arti yang berbeda, karena perbedaan pada fonem /er/ dan /es/.

2.    Morfologi

Morfologi merupakan ilmu yang membicarakan morfem serta bagaimana morfem itu dibentuk menjadi kata. Morfem adalah unsur terkecil dari pembentukan kata dan disesuaikan dengan aturan suatu bahasa. Pada bahasa Indonesia morfem dapat berbentuk imbuhan. Misalnya kata prasangka memiliki dua morfem yaitu /pra/ dan /sangka/. Kata sangka merupakan kata dasar, penambahan pra menyebabkan perubahan arti pada kata sangka.

3.    Sintaksis

Sintaksis adalah penggabungan kata menjadi kalimat berdasarkan aturan sistematis yang berlaku pada bahasa tertentu. Dalam bahasa Indonesia terdapat aturan Subjek, Predikat, dan Objek (SPO). Aturan ini berbeda pada bahasa lainnya.

4.    Semantik

Semantik adalah ilmu yang mempelajari arti dan makna dari suatu bahasa yang dibentuk dalam suatu kalimat.

5.    Pragmatik
Pragmatik adalah aturan-aturan pemakaian bahasa, yaitu pemilihan bentuk bahasa dan penentuan maknanya sehubungan dengan maksud pembicara sesuai dengan konteks dan keadaannya. (Nababan, 1987 :2). Pragmatic juga diartikan sebagai syarat-syarat yang mengakibatkan serasi-tidaknya pemakaian bahasa dalam komunikasi ; aspek-aspek pemakaian bahasa atau konteks luar bahasa yang memberikan sumbangan kepada makna ujaran. (Kridalaksana, 1993: 177)

Ada 3 Teori tentang Perolehan dan Perkembangan Bahasa pada Anak-Anak, yaitu :

1.    Model Behaviors
Orang tua dan guru mengajar anak berbicara dengan memberikan penguatan sebagai prinsif pendekatan behaviorist terhadap tingkah laku verbal. Dengan pemberian penguatan ini, anak belajar memberi nama pada benda-benda secara tepat sehingga anak mengetahui arti kata-kata itu. Menurut teori ini anak-anak mula-mula merupakan tabula rasa. kata-kata yang didengarnya disimpan dalam ingatan.

2.    Model Linguistik
Menurut Chomsky, anak-anak dilahirkan dengan dilengkapi dengan kemampuan untuk berbahasa . Dia juga berpendapat bahwa seorang anak bukanlah suatu tabula rasa, melainkan telah mempunyai kemampuan untuk berkembang dan untuk belajar (faculty of language)

3.    Model Kognitif
Model kognitif diwakili oleh Piaget, Bruner, dan Vigotsy (Mar’at, 2001 : 86). Merupakan model terbaru tentang perolehan bahasa pada anak. Pandangannya disebut dengan model proses dan analisis strategis. Inti dari model ini adalah suatu model kognitif untuk bahasa yang menjelaskan bagaimana bahasa itu diproses secara kognitif dan bagaimana manifestasinya dalam tingkah laku. Jadi, model ini memandang bahasa dari sudut prosesnya.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Perpindahan Panas (Kalor) Dalam Kehidupan Sehari-hari