Materi IPA SD Kelas 4 Semester 2 : Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda-Benda Langit




1.    Matahari

Matahari merupakan sebuah bintang. Bintang adalah benda langit yang dapat memancarkan cahayanya sendiri. Matahari tersusun dari gas yang amat panas, berpijar, dan mengeluarkan cahaya terang benderang yang menerangi bumi di siang hari.

Sejatinya, matahari selalu memancarkan cahayanya sepanjang waktu. Namun, bumi selalu berputar pada porosnya sehingga terjadi perubahan siang dan malam. Bagian bumi yang menghadap matahari mengalami terang (keadaan ini disebut siang hari), dan bagian bumi yang membelakangi matahari mengalami gelap (keadaan ini disebut malam hari).


Matahari tampak terbit di ufuk timur pada saat fajar (sekitar pukul 5 pagi), dan terbenam di ufuk barat pada saat senja hari (sekitar pukul 6 petang).
Letak matahari ke bumi paling dekat jika dibandingkan dengan bintang lainnya, sehingga matahari tampak paling terang. Ukuran matahari jauh lebih besar dari pada bumi.

2.    Bulan 

Bulan bukan merupakan bintang karena bulan tidak memancarkan cahayanya sendiri. Cahaya bulan yang menerangi bumi pada malam hari berasal dari cahaya matahari. Jadi, bulan hanya memantulkan cahaya matahari.
Bulan sering tampak berubah bentuk. Kadang tampak seperti sabit, lingkaran, dan setengah lingkaran. Bentuk bulan berubah-ubah selama 291/2 hari.
Bulan mempunyai pengaruh terhadap kenampakan permukaan bumi. Belan mengakibatkan pasang naik dan pasang surut air laut. Pasang naik dan pasang surut air laut disebabkan gaya tarik bulan (gaya gravitasi bulan)

3.    Bintang 

Jumlah bintang dilangit tak terhingga. bintang adalah benda langit yang memancarkan cahayanya sendiri. Letak bintang amat jauh sehingga bintang kelihatan jauh lebih kecil daripada bulan. Bintang hanya terlihat pada malam hari. Cahaya bintang terkalahkan oleh cahaya matahari pada siang hari, sehingga bintang tidak terlihat pada siang hari.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Perpindahan Panas (Kalor) Dalam Kehidupan Sehari-hari