Materi IPA SD Kelas 5 Semester 2 : Peristiwa Alam di Indonesia



Peristiwa alam adalah semua jenis aktivitas alam. Contohnya terjadinya siang dan malam, hujan, embun pagi. Peristiwa alam yang membawa kerugian bagi manusia yang disebut bencana alam, seperti gempa bumi, banjir, gunung meletus, tsunami, tanah longsor, dan angin puting beliung. Bencana alam tersebut sering terjadi di Negara kita.

1.    Gempa bumi

Gempa bumi adalah getaran-getaran pada permukaan bumi yang disebabkan oleh kekuatan dari dalam bumi. Alat pencatat kekuatan gempa adalah seismograf dengan skala Richter(SR).

Berdasarkan sebabnya, gempa bumi dapat dikelompokkan sebagai berikut ;
a.    Gempa Bumi Tektonik
Gempa bumi tektonik adalah gempa bumi yang disebabkan oleh adanya pergeseran lempeng/kerak bumi. Gempa ini terjadi di dasar laut yang dapat mengakibatkan terjadinya gelombang yang sangat besar yang disebut tsunami. Contohnya gempa yang terjadi di NAD pada tanggal 26 Desember 2004 yang mengakibatkan gelombang tsunami.
b.    Gempa Bumi Vulkanik
Gempa bumi vulkanik adalah gempa yang disebabkan oleh letusan gunung berapi. Contohnya gempa yang terjadi saat gunung Krakatau meletus pada tahun 1883 yang juga mengakibatkan terjadinya gelombang tsunami.
c.    Gempa Bumi Runtuhan
Gempa bumi runtuhan adalah gempa yang disebabkan oleh tanah longsor. Gempa tanah runtuh ini juga disebabkan oleh aktivitas pertambangan.


2.    Gunung meletus

Gunung meletus disebabkan oleh tekanan yang sangat kuat dari magma yang sangat panas yang berasal dari perut bumi dan keluar dari gunung berapi. Magma adalah cairan panas yang dikeluarkan gunung api yang saat meletus.

Tanda-tanda gunung akan meletus, antara lain sering terjadi gempa berskala kecil, terdengar suara gemuruh, sumber air banyak yang kering, tumbuhan di sekitar gunung banyak yang layu, hewan-hewan banyak yang turun ke lembah, dan tercium bau belerang yang menyengat.

Lava pijar yang dimuntahkan oleh letusan gunung api mengakibatkan berbagai jenis hewan dan tumbuhan mati terbakar, dan membakar kawasan hutan yang dilaluinya. Namun, bencana gunung berapi juga membawa manfaat  yaitu kawasan tanah yang berada di sekitar gunung yang meletus menjadi subur karena abu vulkanik yang dikeluarkan oleh gunung api tersebut mengandung zat hara yang tinggi.

3.    Banjir

Banjir selain disebabkan oleh factor alam, juga disebabkan oleh perbuatan manusia.
Banjir karena factor alam disebabkan oleh hujan secara terus menerus dengan curah hujan yang tinggi sehingga air sungai meluap ke daratan. Sedangkan perbuatan manusia yang dapat menyebabkan terjadinya banjir antara lain membuang sampah sembarangan, menggundulan hutan, dan banyaknya pemukiman yang didirikan di sekitar bantaran sungai.

4.    Tanah longsor
Tanah longsor  banyak terjadi di daerah perbukitan. Tanah longsor disebabkan oleh tanah yang tidak sanggup menahan terjangan air hujan akibat adanya penggundulan hutan.

5.    Angin puting beliung

Angin putting beliung merupakan angin yang sangat kencangdan bergerak memutar. Angin ini biasanya terjadi saat hujan deras. Angin puting beliung dapat menerbangkan atau merusak segala benda yang dilaluinya.


Comments

Popular posts from this blog

Contoh Perpindahan Panas (Kalor) Dalam Kehidupan Sehari-hari