Materi IPA Kelas 5 Semester 1 : Alat Pernapasan pada Manusia dan Hewan



Bernapas adalah kegiatan menghirup udara dan mengeluarkan udara. Udara mengandung oksigen (O2), yakni gas yang dibutuhkan oleh tubuh untuk pernapasan. Pernapasan mengeluarkan gas karbon dioksida (CO2) yang dikeluarkn tubuh melalui pari-paru.
Alat pernapasan pada hewan berbeda-beda. Alat pernapasan pada hewan dipengaruhi oleh keadaan tubuh dan tempat hidupnya. Ada hewan yang bernapas dengan insang, paru-paru, kulit, dan trakea. Berikut penjelasan lebih lanjut tentang alat pernapasan pada manusia dan hewan.
A.   Alat pernapasan pada manusia
Alat pernapasan pada manusia adalah paru-paru. Paru-paru terletak dalam rongga dada di atas diafragma. Diafragma adalah sekat antara rongga dada dan rongga perut. Paru-paru ada dua, yaitu paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Paru-paru dibungkus oleh selaput tipis yang disebut pleura.
Hidung dan tenggorokan juga berperan dalam pernapasan. Di dalam hidung terdapat rambut halus dan selaput lender yang berfungsi untuk menyaring udara agar bebas dari kotoran. Udara di dalam hidung juga mengalami penyesuaian suhu dan kelembapan.
Cabang tenggorokan disebut bronkus. Bronkus bercabang-cabang. Cabang bronkus disebut bronkiolus. Pada bronkiolus terdapat gelembung-gelembung halus yang berisi udara yang disebut alveolus. Di dalam alveolus terjadi pertukaran oksigen dan karbon dioksida. Pernapasan dengan menggunakan bantuan otot antar tulang rusuk disebut pernapasan dada. Sedangkan pernapasan dengan menggunakan diafragma (selaput rongga dada) disebut pernapasan perut. Proses masuknya udara pernapasan ke dalam paru-paru disebut inspirasi. 
B.   Alat pernapasan pada hewan
Sebagaimana yang dijelaskan di awal bahwa hewan memiliki alat pernapasan yang berbeda-beda. Berikut beberapa jenis hewan dan alat pernapasannya.
a.    Burung
Burung bernapas dengan paru-paru. Burung juga mempunyai alat pernapasan yang disebut pundi-pundi (kantong) udara. Udara pernapasan berasal dari udara yang tersimpan di dalam pundi-pundi udara.
Proses pernapasan pada burung :
Udara masuk melalui hidung           ke tenggorokan           ke pundi udara             
paru-paru. 
b.    Reftil (hewan melata)
Reftil bernapas dengan paru-paru. Contohnya ular, buaya, kadal, cecak, dan biawak. Pada saat menyelam, buaya menutup lubang hidungnya agar air tidak masuk ke dalam paru-paru.
c.    Amfibi
Hewan amfibi adalah hewan yang hidup di dua alam. Contohnya katak. Ketika katak berbentuk berudu ( kecebong) dan hidup di air, berudu bernapas menggunakan insang. Setelah menjadi katak dewasa,bernapas dengan paru-paru dan kulit. 
d.    Ikan
Ikan bernapas dengan insang. Insang ikan berjumlah empat pasang. Pertukaran udara terjadi pada lembaran insang. Ikan yang hidup di lumpur seperti lele, gurami, dan gabus mempunyai lipatan-lipatan pada insang. Lipatan-lipatan pada insang itu disebut labirin.
e.    Serangga
Serangga bernapas dengan trakea. Trakea adalah pembuluh-pembuluh halus yang bercabang yang memenuhi seluruh bagian tubuh serangga dan bermuara pada stigma. Stigma adalah lubang yang terletak pada sisi tubuh bagian kanan dan kiri yang berfungsi sebagai jalan masuk dan keluarnya udara. Serangga contohnya nyamuk, belalang, lalat, rayap, dan kupu-kupu.
f.     Cacing
Cacing tanah bernapas melalui permukaan tubuhnya. Kulit cacing tanah yang tipis menghasilkan lender. Cacing tanah dapat menyerap oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida secara langsung melalui permukaan kulit. Cacing tanah hidupdi tempat yang lembab dan basah agar proses pernapasan dapat berlangsung dengan baik. 
g.    Mamalia
Hewan mamalia adalah hewan yang menyusui anaknya. Contohnya kucing, kerbau, harimau, kambing, sapi, gajah, kelinci, tikus, paus, dan lumba-lumba. Mamalia bernapas dengan paru-paru


Comments

Popular posts from this blog

Contoh Perpindahan Panas (Kalor) Dalam Kehidupan Sehari-hari