PKN SD Kelas 6 : Kerjasama ASEAN


Negara-negara anggota ASEAN menjalin hubungan kerjasama dalam berbagai bidang, yaitu bidang politik, ekonomi, sosial, budaya, dan latihan militer bersama. Berikut penjelasan lebih lanjut.

A.   Politik dan keamanan
Hubungan kerjasama di bidang politik diarahkan untuk menciptakan stabilitas kawasan di Asia Tenggara dengan cara menyelesaikan segala permasalahan melalui meja perundingan, serta sepakat untuk menjadikan kawasan Asia Tenggara sebagai kawasan bebas senjata nuklir.

Salah satu bentuk usaha untuk menciptakan stabilitas di kawasan Asia Tenggara yaitu dengan melakukan Perjanjian mengenai kawasan damai, bebas, dan netral (ZOPFAN) atau yang disebut deklarasi Kuala Lumpur pada tanggal 27 November 1971.

B.   Ekonomi
Bentuk kerjasama ASEAN di bidang ekonomi, antara lain
1.    Membangun proyek-proyek industry ASEAN, seperti proyekpabrik pupuk urea ammonia di Indonesia dan Malaysia, proyek industry tembaga di Singapura, proyek pabrik mesin diesel di Singapura, dan proyek pabrik super fosfor di Thailand.

2.    Menyediakan cadangan pangan terutama beras;
3.    Menciptakan preference trading arrangement (PTA) yang bertugas menentukan tariff rendah untuk beberapa jenis barang komoditas ASEAN.

KTT ASEAN IV di Singapura pada tahun 1992 mengeluarkan gagasan untuk menerapkan kawasan perdagangan bebas (AFTA). Tujuan AFTA dibentuk adalah untuk meningkatkan daya saing kawasan agar mampu bersaing dengan Negara atau kawasan lainnya.

C.   Sosial
Kerjasama ASEAN di bidang sosial, antara lain :
1.    Pemerataan kesejahteraan sosial masyarakat
2.    Penanggulangan bencana alam;
3.    Pencegahan narkoba dan penaggulangannya
4.    Perlindungan terhadap anak cacat

D.   Budaya
Kerjasama di bidang budaya, antara lain :
1.    Pertukaran pelajar dan mahasiswa;
2.    Pemberantasan buta huruf;
3.    Festival lagu ASEAN
4.    Temu karya pemuda ASEAN

E.   Latihan militer bersama
Untuk meningkatkan keamanan wilayah, sering menggelar latihan militer bersama. Namun Negara anggota ASEAN tetap menghindari pembentukan pakta atau persekutuan militer.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Perpindahan Panas (Kalor) Dalam Kehidupan Sehari-hari