Materi IPS Kelas 4 Semester 1 : Teknologi Produksi dan Komunikasi



Teknologi adalah keseluruhan sarana atau alat yang digunakan manusia untuk menghasilkan barang dan jasa.

Macam-macam teknologi yang diciptakan manusia, yaitu teknologi produksi, komunikasi, dan transfortasi. Berikut penjelasan satu persatu.

A.   Teknologi Produksi
Kegiatan produksi adalah kegiatan membuat atau menghasilkan barang atau jasa. Kegiatan produksi disebut juga proses produksi. Pada kegiatan memproduksi barang, proses produksi dimulai dari menyiapkan bahan baku. Bahan baku adalah bahan pokok untuk membuat barang. Biasanya bahan baku berupa kekayaan alam.

Berikut diagram proses produksi beberapa kekayaan alam.
1.    Produksi minyak goring dari kelapa
Buah kelapa à kopra à minyak gorang
2.    Produksi udang menjadi kerupuk
Udang à tepung udang à kerupuk udang

Teknologi untuk memproduksi barang terdiri dari dua macam, yaitu teknologi produksi sederhana (tradisional/tanpa mesin) dan teknologi produksi modern (menggunakan mesin).

Contoh penggunaan teknologi tradisional dan teknologi modern :
a.    Para petani mengolah tanah menggunakan cangkul atau bajak yang ditarik kerbau atau sapi. Pada masa sekarang menggunakan mesin traktor.
b.    Pada zaman dahulu untuk memisahkan butiran padi dari batangnya, para petani menginjak-injak ikatan padi.

B.   Teknologi Komunikasi
Teknologi komunikasi berkembang pesat. Pada zaman dahulu menggunakan alat-alat komunikasi seperti kentongan, asap, telik sandi, kurir, dan tali pohon. Sedangkan pada zaman sekarang menggunakan surat, telepon, hp, radio, tv, dan internet.

Alat komunikasi zaman dahulu
1.    Kentongan
Pada zaman dahulu, kentongan dipakai antara lain untuk memanggil masyarakat desa untuk bergotong royong, berkumpul dibalai desa, memberitahukan ada warga yang meninggal, atau memberitahukan kalau terjadi bencana alam.

2.    Telik sandi (mata-mata)
Telik sandi adalah orang yang dipilih untuk mencari informasi ke dalam pertahanan musuh untuk mencari tahu kekuatan dan kelemahan musuh.

3.    Kurir
Kurir adalah orang yang ditunjuk untuk membawa pesan khusus. pesan rahasia antarkerajaan.

4.    Tali pohon
Seutas tali yang panjang dibentangkan dari satu pohon ke pohon yang lain. Tali itu menjadi alat komunikasi dari suatu tempat pengintaian ke perkampungan. Cara ini digunakan pada zaman penjajahan.

Alat komunikasi zaman sekarang
1.    Surat
Meskipun sekarang zaman modern, alat komunikasi surat masih banyak digunakan. Misalnya surat dinas atau surat resmi, dan surat niaga.
2.    Telepon
Telepon pertama kali dibuat pada tahun 1876 oleh Alexander Graham Bell. System pembicaraan melalui telepon ada yang disebut local dan juga interlokal. Local adalah hubungan telepon di dalam kota atau daerah yang berdekatan. Sedangkan interlokal adalah sambungan telepon antar kota.
3.    Telegram
Telegram disebut juga surat kawat. Telegram adalah berita yang dikirim melalui telegraf. Kode-kode atau isyarat yang digunakan untuk mengirim pesan melalui telegraf disebut morse.
4.    HT(Handy Talkie)
HT menyerupai telepon genggam yang biasa digunakan polisi, satpam, dan tim SAR.
5.    Radio
Radio ditemukan oleh Guglielmo Marconi dari Italia. Stasiun pemancar radio pemerintah bernama RRI yang berdiri pada 11 September 1945.
6.    Televisi
Televise pertama kali dibuat oleh John Logie Baird dari Inggris.
7.    Media cetak
8.    Internet
Internet adalah alat komunikasi yang paling canggih zaman sekarang. Melalui internet kita dapat berkomunikasi dengan orang lain di seluruh dunia. Kita juga dapat mengirim surat melalui email.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Perpindahan Panas (Kalor) Dalam Kehidupan Sehari-hari