Proses Pembentukan Permukaan Bumi


Proses Pembentukan Permukaan Bumi
 
Proses terbentuknya bumi terjadi secara bertahap. Pada awalnya, bumi merupakan sebuah bola besar yang tersusun atas batuan lebur panas yang kemudian secara bertahap batuan tersebut menjadi dingin. 

Beberapa ilmuan berpendapat bahwa benda-benda di alam semesta terbentuk dari awan. Berikut tahapan proses pembentukan alam semesta :
a.    Awan yang tersusun atas gas dan debu terbentang hingga ratusan juta kilometer. Selanjutnya awan berubah bentuk seperti roda pipih yang besar. Awan yang berbentuk roda tersebut selalu berputar. Akibat perputaran itu, sebagian gas terkumpul di tengah awan.
b.    Awan yang terkumpul dengan gas membentuk gumpalan yang besar. Gaya tarik yang besar menarik banyak gas yang berada di sekelilingnya. Gumpalan tersebut membentuk bola bulat yang kemudian membentuk Matahari.
c.    Gas dan debu yang berada sangat jauh dari Matahari juga berputar mengelilinginya. Selanjutnya, gas dan debu itu membentuk bola-bola bulat yang ukurannya lebih kecil dibandingkan matahari. Bola-bola tersebut merupakan awal terbentuknya bumi dan planet-planet lainnya.

Gaya tarik bumi semakin banyak mengumpulkan gas dan debu sehingga bumi semakin padat, akibatnya bola bumi menjadi semakin panas. Butiran debu yang terdiri atas batuan dan logam yang ada di dalamnya menjadi meleleh. Selanjutnya bagian luar bumi mengalami pendinginan sehingga batuan dan logam yang meleleh tersebut menjadi bagian yang keras, dan bagian inilah yang membentuk bagian permukaan bumi.

Demikian uraian singkat tentang proses pembentukan permukaan bumi. Semoga bermanfaat ^_^

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Perpindahan Panas (Kalor) Dalam Kehidupan Sehari-hari