LAPORAN ON THE JOB LEARNING PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN



LAPORAN
ON THE JOB LEARNING
PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN









                   NAMA GURU                                                      :     IRAWATI, S. Pd
                   MATA PELAJARAN/PAKET KEAHLIAN   :     GURU KELAS TINGGI
                   NIP                                                                         :     1983041....
                   UNIT KERJA                                                       :     SDN 012 NAUMBAI

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
DIREKTORAT JENDERAL GURU DAN TENAGA PENDIDIKAN
2017


DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR

BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
B.     Tujuan
C.     Manfaat

BAB II ON SERVICE LEARNING
A.    Tempat dan Waktu Pelaksanaan
B.     Gambaran Umum Pelaksanaan Kegiatan
C.     Produk yang Dihasilkan

BAB III PENUTUP

LAMPIRAN












KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum, Wr.Wb.
Dengan mengucapkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan karunianya, sehingga penulis bisa menyelesaikan laporan tugas mandiri On The Job Learning pada program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Selanjutnya, sholawat beriring salam untuk Baginda Rasulullah SAW, yang telah membawa kita dari zaman kebodohan ke zaman yang penuh ilmu pengetahuan seperti saat ini.
Laporan tugas mandiri ini disusun untuk memenuhi tugas dari program pendidikan dan pelatihan (Diklat) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dengan model tatap muka In-On-In. Isi laporan ini adalah gambaran mengenai aktivitas dan tagihan yang berupa lembar kerja yang diselesaikan secara mandiri dan berkomunikasi dengan peserta diklat lain dan fasilitator.
Program pendidikan dan pelatihan (Diklat) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ini sangat membantu penulis untuk memahami kompetensi pedagogik dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan khususnya kompetensi dalam bidang Bahasa Indonesia dan TIK.
Dalam menyelesaikan tugas mandiri ini, tidak terlepas dari bantuan banyak pihak yang telah memberikan saran dan dukungan kepada penulis. Untuk itu penulis mengucapkan terimakasih kepada :
1.      Fasilitator  Diklat  yaitu Ibu Desy Angreini, S.Pd  yang telah memberikan dukungan dan pencerahan yang begitu besar.
2.      Teman sejawat (peserta diklat) yang telah memberikan banyak masukan.
3.      Semua pihak yang turut membantu dalam penyusunan laporan ini
Penulis menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, saran dan kritik yang konstruktif sangat penulis harapkan demi sempurnanya laporan ini.

Naumbai, Oktober 2017


IRAWATI, S. Pd


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Peningkatan mutu pendidikan akan berhasil dengan baik apabila ditunjang oleh mutu guru yang baik. Upaya yang perlu dilakukan oleh para pendidik untuk menjadikan dirinya sebagai pendidik yang profesional dan bermutu adalah selalu meningkatkan kompetensinya, baik kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, maupun sosial.

Peningkatan kompetensi guru terkait dengan profesionalismenya harus dilakukan secara berkelanjutan. Hal ini diatur dalam Peraturan Menteri Negara PAN dan RB Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya serta Permendiknas No. 35 Tahun 2010 tentang Petunjuk teknis Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya untuk kenaikan karir dan kepangkatannya.

Program pendidikan dan pelatihan (Diklat) merupakan bagian penting dari pengembangan profesi pendidik dan tenaga kependidikan. Pelaksanaan Diklat juga tidak lepas dari tujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan mata pelajaran/ tugas yang diampunya.

Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan di Gugus Dahlia ini adalah model tatap muka In-On-In. Tahap awal  In Service Learning 1 yaitu mengkaji materi dalam kelompok yang dipandu oleh fasilitator. Dilanjutkan dengan On The Job Learning (OJL).

B.     Tujuan
Tujuan laporan On The Job Learning ini disusun adalah untuk memenuhi tugas Diklat Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Setelah mengkaji dan memahami materi  Kompetensi Pedagogik dan Profesional pada Kelompok Kompetensi A (KK A) dan Kelompok Kompetensi I (KK I) yang dilakukan pada In Service Learning1 dan dilanjutkan secara mandiri dan berkomunikasi dengan rekan sejawat dalam kelompok dan dibimbing fasilitator. Seluruh aktivitas dan tagihan yang berupa lembar kerja tersebut dibuat dalam bentuk laporan dan akan diserahkan kepada fasilitator pada pertemuan In Service Learning2.




C.    Manfaat
Manfaat kegiatan :
1.      dapat menambah pengetahuan dan pemahaman guru tentang kompetensi pedagogik dan professional sesuai dengan modul yang dipelajarinya (KK A dan KK I)
2.      Guru dapat memberikan layanan pendidikan berkualitas kepada peserta didik dan memiliki performa sebagai pendidik.
3.      Memiliki kemauan dan semangat untuk terus belajar mengembangkan potensinya.





BAB II

ON SERVICE LEARNING

A.    Tempat dan Waktu Pelaksanaan
1.      Tempat Pelaksanaan Kegiatan
Pelaksanaan On The Job Learning di tempat masing-masing secara mandiri dan berkelompok.

2.      Waktu Pelaksanaan Kegiatan
Pelaksanaan On The Job Learning pada tanggal 11 s.d 22 Oktober 2017

B.     Gambaran Umum Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan pembelajaran On The Job Learning ini dilaksanakan secara mandiri dan berkomunikasi dengan peserta lain dan fasilitator. Ada dua modul yang harus dipahami dan dipelajari yaitu Modul A dan Modul I sebagai referensi dalam menyelesaikan tagihan-tagihan (lembar kerja / LK)  selama periode On The Job Learning.

C.    Produk yang Dihasilkan
Ada 25 produk atau Lembar Kerja yang telah dihasilkan selama kegiatan On The Job Learning.  Berikut daftar Lembar Kerjanya :
1.      LK 03. Analisis Kasus Perkembangan Fisik Dan Kesehatan ON  4
2.      LK.04. Analisis Kasus Perkembangan Sosial dan Kecerdasan Emosi  ON 5
3.      LK.05. Analisis Kasus Perkembangan Moral dan Kecerdasan Spiritual  , ON 6.
4.      LK.06. Analisis Kasus Perkembangan Sikap dan Kebiasaan Belajar  ON 7
5.      LK.07. Analisis Kasus Kemampuan Awal dan Kesulitan Belajar  TM, ON
6.      LK 1.3 Bentuk baku dan Nonbaku On 4
7.      LK 1.4 Ragam Bahasa On 5.
8.      LK 2.3Laporan Tahap-tahap Pemerolehan Bahasa Anak On 8
9.      LK 2.4 Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemerolehan Bahasa Anak On 9.
10.  LK 3.3 Kelas Kata On 12.
11.  LK 3.4 Wacana On 13.
12.  LK 4.3 Pertalian Makna On
13.  LK 4.4 Perubahan Makna On 17. 
14.  LK 4.5 Idiom, Pameo, dan Peribahasa On 18
15.  LK 5.3 Karangan Deskripsi dan Argumentasi On 21.
16.  LK 5.4 Penerapan Materi Keterampilan Berbicara On 22.
17.  LK 6.3 Unsur Intrinsik Prosa On 25.
18.  LK 6.4 Mengubah Teks Puisi ke dalam Teks Prosa On 26
19.  LK 7.1 Penilaian Berbasis Kelas TM, On
20.  LK 0.1 Pemahaman Karakteristik Dan  Ruang Lingkup Lima Mata Pelajaran (PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS)
21.  LK 1.5 Pemanfaatan fasilitas drawing
22.  LK 2.1.b Powerpoint Untuk Penanaman Konsep Luas Segitiga Siku-Siku
23.  Lk 2.3 Mengkonstruksi Persegi Panjang Menggunakan Geogebra
24.  Lk 0.2 Analisis Keterkaitan KD dalam satu tema
25.  Lk 0.3 Pembuatan bahan pembelajaran Tematik

Jawaban masing-masing lembar kerja terlampir.














BAB III

PENUTUP

Program Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan sangat bermanfaat untuk para guru dalam meningkatkan kompetensinya sebagai pendidik. Menambah pengetahuan dan pemahaman guru tentang kompetensi pedagogik dan professional. Sehingga menghasilkan tenaga pendidik yang berkualitas.  Karena guru yang bermutu dapat menghasilkan peserta didik yang berprestasi.
Laporan On The Job Learning ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan bermanfaat bagi peserta diklat dan para pembaca.
Akhir kata, tak ada gading yang tak retak, tak ada karya yang sempurna. Penulis  meminta saran dan kritik yang konstruktif demi perbaikan penyusunan laporan di masa depan. Terima kasih.


























LAMPIRAN :

1.      Jurnal kegiatan
2.      Lembar kerja (LK)
3.      Dokumen kegiatan (foto)

























































































































































Comments

  1. Bu boleh minta jawaban LK modul I ?!
    Mohon bantuannya 🙏😭

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya. Silakan tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan 🙏🙏🙏

Popular posts from this blog

Contoh Perpindahan Panas (Kalor) Dalam Kehidupan Sehari-hari

Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran