LK 06. Analisis Kasus Perkembangan Moral dan Kecerdasan Spiritual



LK 06. Analisis Kasus Perkembangan Moral dan Kecerdasan Spiritual

 

Petunjuk Kegiatan
1. Bekerjasamalah dalam kelompok dan lakukanlah curah pendapat secara sopan dan empati mengenai kasus perkembangan moral dan kecerdasan spiritual peserta didik yang terjadi di kelas peserta diklat. Pastikan kasus tersebut termasuk dalam lingkup kajian yang dibahas.
2. Pilih satu kasus melalui musyawarah, identifikasi masalahnya secara cermat, diskusikan dalam kelompok secara sungguh-sungguh dan usulkan alternaif solusi kreatif dan tepat untuk itu, dan presentasikan hasil kegiatan secara percaya diri dan kreatif.

Kasus
Bu ipit sedang merancang program dan pembelajaran yang dapat menfasilitasi  peserta didiknya yang memiliki kendala dalam aspek spritual. Informasi yang berhasil di kumpulkan dari hasil pengamatan dan sumber lainya bahwa anak didiknya suka mengambil yang bukan miliknya ( mencuri uang temannya). Dari informasi yang dikumpulkan dan hasil pengamatan anak ini kurang perhatian dari orang tuany, dan sering tidak diberi uang jajan oleh orang tuanya. 

Jawab
Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan oleh bu ifit adalah :
a.  saat perencanaan
  1. mendalami konsep dan cara mengembangkan aspek dan berkunsultasi serta menyampaikan      rencana konsep kita kepada kepala sekolah, sejawat dan orang tua peserta didik untuk mendapatkan dukungan
2.  mengumpulkan informasi yang relevan berupa wawancara yang terkait dengan prilakunya.
3.  mengulkan informasi dari orang tua tentang hal yang terkait dengan aspek yang sedang dikembangkan, misalnya kebiasaan kelakuan  peseta didik dirumah.
b.  saat pembelajaran, pesta didik yang memiliki kendala diberi perhatian oleh guru lebih intensif dan diberi pelajaran tentang hukuman dibidang agama bagi manusia yang   melakukan kejahatan nanti di ahirat tempatnya neraka jahanam.
c.  diluar pembelajaran
1.  guru menanyai peserta didik dengan lemah lembut tentang prilakunya dan mengembangkan perasaan bersalah dan rasa malu sejenis evaluasi diri yang mengakui kesalahannya.
2.   memberi contoh atau menjadi model prilaku yang diinginkan muncul dari anak karna cara ini yang paling efektif untuk membentuk moral anak.
3.  latihan dan pembiasaan dalam membentuk prilaku dan moral anak.

d.  bekerjasama dengan orang tua, agar meminta seseorang dilingkungan rumah ( keluarga atau tetangga ) untuk memperhatikan prilaku peserta didik.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Perpindahan Panas (Kalor) Dalam Kehidupan Sehari-hari

Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran